MRAM...


Para pemilik komputer biasanya mendambakan kecepatan komputer yang maksimal. Berbagai usah dan penelitian sudah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komputer. Mulai dari komputer biasa sampai dengan notebook. Bebrapa waktu yang lalu “super komputer tercepat di dunia” telah hadir untuk membantu militer Amerika melakukan perhitungan. Kini sudah tercipta seuah teknologi di bidang memory komputer.

Bagi para pengguna komputer istilah RAM (Random Access Memory) atau memori komputer. Memori RAM ada bermacam-macam jenis mulai dari EDO, RAM, DDR1, DDR2, dan beberapa jenis lainnya. Tapi, RAM sendiri belum memuaskan kebutuhan para pengguna komputer akan tuntutan kecepatan. Akhirnya, seorang Fisikawan dan insinyur Jerman mengembangkan sebuah jenis memori baru. Memori tersebut diberi nama Magneto-resistive Random Access (MRAM), memori ini bukan Cuma lebih cepat, tapi juga lebih hemat energy. Kehadiran MRAM meningkatkan perkembangan mobile computing dan level penyimpanan dengan cara membalik arah kutub utara-selatan medan magnet.

IBM dan beberapa perusahaan pengembang lain juga berencana untuk menggunakan MRAM. MRAM ini akan memutar electron-elektron untuk mengganti kutub magnet. Hal ini juga dikenal sebagai spin-torque MRAM.

Para peneliti membangun pilar-pilar kecil berukuran 165 nanometer, sehingga mengakibatkan magnet variable pada atas lapisan akan mengakibatkan arus listrik mengalir dari bawah ke atas dan akan memutar posisi electron. Medan magnet aian akan berubah dan hanya butuh sedikit waktu untuk merubah kutub medan magnet ini. Kemudian kutub utara dan selatan akan bertukar.

Yang pasti, dengan adanya MRAM ini kecepatannya bisa mencapai 10 kali lipat kecepatan RAM.

0 komentar: