HiLangKan Rasa MaLumu..!!

HILANGKAN RASA MALUMU, KAWAN…!!!!


Nah… postingan pertama saya nih… mau membahas apa yah? Ahhaa… mumpung saya lagi sekolah nui,,, saya mau membahas cara menghilangkan rasa malu. Setiap orang pasti punya taraf pede yang beda-beda. Tergantung kepribadian masing-masing, kan?'

Ada orang yang minder, ada yang juga sangat pede bahkan over pede. Kita harus tau bagaimana sifat asli kita… termasuk yang manakah diri kita. Agar kita bisa merubah sifat dan sikap kita menjadi lebih baik dan tidak berlebihan.
Sekarang kita evaluasi dulu diri kita. Apakah rasa malu membuat kamu susah untuk mendapatkan teman baru, membuat kamu susah bicara dan mengungkapkan sesuatu? Perlu kita sadari bahwa rasa malu bukan suatu sifat jelek atau suatu penyakit yang perlu disembuhkan, tapi bila rasa malu membuat kamu tidak bisa melakukan apapun dan membuat kegiatan kamu nggak berkembang, kamu harus cari SOLUSInya!!!!!

Bukan hanya itu saja, kawan…! Ternyata malu itu ada kategorinya juga, loh!
1. Agak pemalu
Agak pemalu mungkin disebabkan karena kamu punya masalah dan sulit mengungkapkan kebenaran yang terjadi. Terkadang kamu merasa gengsi dengan apa yang ada pada diri kamu.
2. Malu
Mungkin karena kamu kurang bisa menerima keadaan dirimu dan belum menemukan kelebihan dalam diri kamu.
3. Sangat Malu
Nah.. kalo ini adalah tingkatan malu yang parah nuiii….! Dan harus ditinggalkan dan dicari SOLUSInya!!!! Harus!!!! Soalnya dalam skenario nuii, bisa bikin kamu mendapat serangan kegelisahan… weisss..! selaen itu, juga bisa bikin kamu lumpuh dalam hal fisik maupun kesulitan dalam sosialisasi. Hal ini akan membuatmu semakin menjauh dari situasi ramai.

Ni diaaa… SOLUSInya…!!!

a. Susun daftar…!!!
Yang dimaksud daftar itu sama dengan daftar keadaan dan waktu dimana malu selalu menghantui diri kamu. Misalkan aja, kamu pergi ke Prom dan berbincang dengan temen yang nggak pernah kamu kenal sebelumnya atau bisa juga saat kamu pengen maju ke depan kelas tapi kamu malu. Nah… setelah kamu buat susunan daftar itu, kamu urutin dimulai dari tingkatan situasi yang paling sulit dilalui.
b. Buat Komitmen dalam diri...
Ini nih yang penting… semua pasti kembali ke diri kita sendiri. Kita harus buat komitmen pribadi untuk mengatasinya. Dengan membuat daftar situasi seperti yang dianjurkan di atas, berarti kamu udah memulai sebuah proses untu mengatasi masalah yang terjadi. Ini juga akan memudahkan masalah “malu” di setiap situasi.
c. Visualisasi keadaan
Visualisasi adalah proses untuk nyiptain gambaran sikap mental secara detail sesuai dengan harapan kamu. Proses ini digunakan dengan sukses dalam terapi perilaku kognitif oleh para psikolog.
d. Harus cerewet!!!
Sosialisasi adalah ngomong! Dan seorang pemalu susah buat ngomong! Hal ini disebabkan gara-gara GUGUP… jadinya, belum ngomong langsung khawatir nggak mampu. Nah, maka dari itu… nggak boleh GUGUP dan harus CEREWETTT…!!!
e. Realistis
Latihan akan membuat kamu lebih mudah sosialisasi. Tentukan dulu tujuan yang realitis buat diri kamu sendiri,,, apa yang bisa and nggak bisa kamu lakukan. Cari tantangan buat diri sendiri. Pahami dari mana malu itu berasal, visualisasikan situasi itu dan latihan ngomong. So, you would be quit of mousy ones and will become easy one of socializations.

0 komentar: