Louisa Mary Alcott

Mmm... Mungkin kalian agak asing ma nama ini. Tapi, bagi para penggila buku, pasti pernah dengar cerita little woman, cerita tentang problematika 4 besodara.
Louisa May Alcott lahir tgl 29 nov 1832, sebagai anak ke2 dari 4 besodara semuanya cewek. Waktu umur 17 taon, dia memutuskan untuk bekerja karena keadaan ekonomi keluarga yang nggak menguntungkan. Dia melakukan berbagai pekerjaan, mulai dari guru sampai pelayan!
Meski hidupx sederhana, tapi keluarga Louisa punya selera seni tinggi, terutama bidang sastra. Keluarga Louisa mendorong anak anaknya untuk menulis buku harian. Ternyata, Louisa diajar oleh para tokoh2 terkenal seperti Ralph Waldo Emerson. Maka nggak heran kalau Louisa jago menulis.
Tahun 1852, puisi pertama Louisa yang berjudul SUNLIGHT dimuat di PETERSON'S MAGAZINE. Walaupun bayaran yang diterimanya tak terlalu banyak tapi Louisa yakin bahwa menulis adalah jalan hidupnya. Akhirnya, Louisa menerbitkan buku pertamanya berjudul Flower Fables dan memakai nama samaran Flora Fairfield.
Louisa kemudian mulai menulis kisah kisah THRILLER GHOTIC dengan nama samaran A.M Barnard. Louisa menyamar dgan nama laki2 karena di masa itu wanita dianggap tak pantas menulis kisah thriller. Sampai akhirnya dia berani membuka topengnya dan menulis GIRLSTORY dengan nama samaran!
Girlstory sebenarnya sama dengan chicklit. Pada tahun 1864, Louisa menulis novel fenomenal LITTLE WOMEN yang menceritakan tentang empat bersaudara Meg, Jo, Beth dan Amy. Konon, cerita ini dianggap semibiografi dari Louisa.
Kesuksesan novel ini membuat Louisa makin populer dan mapan. Kemudian, novel ini difilmkan. Buku2 sekuel Little Woman yaitu Good Wives, Little Men, Dan Jo's Boys yang juga laris manis. Hingga akhir usianya yang ke 56 tahun, Louisa sudah menulis karya karya yang Legendaris. Bukan hanya itu, tulisan tulisannya juga mengangkat derajat perempuan ke tingkat yang lebih tinggi.

0 komentar: